Tentang

Sejarah MTM ITB

Didirikan pada tanggal 30 September 1998 di Institut Teknologi Bandung, MTM ITB merupakan himpunan yang berdiri atas aspirasi sebagian besar mahasiswa Teknik Material saat itu. Inisiasi pembentukan MTM merupakan ide dari Eko Sugiharto seorang mahasiswa Teknik Material angkatan 1994. Saat itu aspirasi mahasiswa Teknik Material masih tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM).

Karena perbedaan bidang keilmuan, maka timbul gagasan untuk mendirikan himpunan mahasiswa jurusan sendiri yang mewadahi kebutuhan mahasiswa-mahasiswa jurusan Teknik Material. Gagasan pembentukan himpunan baru ini mulai muncul ke permukaan setelah lulusanya Eko Sugiharto pada tahun 1999. Pada periode semester pendek 1999 dilakukan tahap konsolidasi baik secara internal mahasiswa jurusan Teknik Material ITB, maupun kepada HMM pada tanggal 5 Agustus 1999.

Kemudian langkah yang dilakukan selanjutnya untuk pendirian himpunan mahasiswa Teknik Material adalah pembentukan Dewan Angkatan, dengan komposisi 5 orang dari setiap angkatan. Setelah tugas-tugas Dewan Angkatan selesai, maka dibentuk jajaran eksekutif MTM dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi pada setiap periode.



Back to Top